Cara Cek Validasi Data Guru


Cara cek / pengecekan Validasi Data Guru / Cek Data Guru Sertifikasi atau Cek Verifikasi Data PTK / Cek Data Guru th 2013 / 2014, Info PTK melalui blog Cek Validasi Data Guru Sertifikasi ini sangat mudah! anda bisa mengecek validasi data diri yang dikirim melalui aplikasi pendataan dikdas / dapodikdas 2013 dan anda juga dapat mengecek SK Tunjangan Sertifikasi Guru melalui form yang tersedia dibawah ini. Form dibawah ini terkoneksi langsung dengan server pusat jadi data yang dihasilkan akan sama.

Isilah kolom NUPTK dengan Nomor NUPTK anda dan tuliskan passwordnya dengan tanggal lahir anda dengan ketentuan sebagai berikut:
Penulisan NUPTK tidak menggunakan spasi dan tidak ditambah dengan karakter apapun. kemudian ketik paswordnya dengan tanggal lahir anda yang dibalik dari tahun bulan tanggal, Harus 8 angka, contoh 12 Agustus 1965 menjadi 19650812 seperti yang tertulis pada keterangan halaman dibawah ini:


Kemudian tunggu beberapa saat, semoga berhasil dan data anda telah valid. 

Catatan : Form Pengecekan Data Guru diatas sewaktu-waktu tidak muncul, anda dapat me-refresh halaman ini dengan menekan F5 pada keyboard komputer anda, atau anda dapat membukanya kembali lain waktu, Anda juga dapat membuka halaman yang lainnya di alamat ini :

  1. http://223.27.144.195/info.php
  2. http://223.27.144.195:8081/info.php
  3. http://223.27.144.195:8082/info.php
  4. selanjutnya sampai ...   http://223.27.144.195:8088/info.php
Copy salah satu dan Paste-kan pada alamat url browser anda...


Apabila data anda belum valid atau masih ada data yang salah atau belum diisi, segeralah diupdate melalui aplikasi pendataan dikdas, bagi sekolah yang telah melakukan sinkronisasi melalui aplikasi pendataan dikdas laporannya bisa dilihat melalui jendela dibawah ini. pada halaman web tersebut juga terdapat banyak fasilitas seperti download aplikasi dapodik 2013 + patch, penjelasan aplikasi, tanya jawab seputar aplikasi dapodikdas 2013 dan lainnya.


Selanjutnya...
Untuk melihat Laporan atau Report Pendataan Pendidikan Dasar 2012 se-Indonesia dibawah ini:




Nah Selanjutnya ada tambahan satu lagi nih request dari pengunjung untuk menampilkan jendela info SK Sertifikasi dari P2TK, Termikasih usulannya karena memang jendela dibawah ini sangat berguna sekali bagi anda yang sudah sertifikasi, Silahkan langsung saja Cek SK Sertifikasi anda di sini:
Untuk Login silahkan isikan NUPTK dan Password menu Info SK yang terdapat pada bagian kanan halaman website. Untuk Password diisi tanggal lahir dengan format YYYYMMDD (tahun bulan tanggal), Contoh = 19751123.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Artikel pilihan :

Download Patch Aplikasi Dapodik V 2.0.7 | Aplikasi Dapodik Patch V 207

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali merilis Patch Aplikasi Pendataan Dapodikdas versi 2.07. Hal ini diumumkan di grup Info Pendataan Ditjen Dikdas. Patch 2.07 aplikasi Dapodikdas akan direlease tanggal 1 april 2014 dan dapat didownload di website Dapodik http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh


Silahkan Download Patch Aplikasi Dapodik V 207 disini 
Baca manual cara patch disini

Pada patch 2.07 aplikasi Dapodikdas, nantinya data nama dan tanggal lahir guru dan siswa akan di kunci atau tidak dapat di edit kembali. Tujuannya agar primary key terjaga atau konsisten dengan namanya. Oleh sebab itu sebelum mengupdate versi terbaru pastikan data tersebut sudah valid.

Panduan dan Latihan Soal UKG ONLINE 2013 Lengkap

Download latihan soal UKG 2013. Latihan Soal UKG Online Lengkap. Latihan Soal UKG Online Terbaru. Di bawah ini adalah latihan soal Ujian Kompetensi Guru Online Tahun 2013 .



Langkah - Langkah Untuk Mengerjakan UKG Online Dibawah ini :

1.Di layar monitor komputer anda akan langsung melihat tampilan seperti dibawah ini.


2.Masukkan No Peserta UKG Online, dan NUPTK.


3.Kemudian Klik Login
4.Kemudian Klik Mulai Ujian


5. Kerjakan Soal UKG dengan baik, dengan cara memilih jawaban di sebelah kanan.


6. Klik tombol ‘tekan” untuk soal berikutnya.

Demikianlah tahapan-tahapan cara mengerjakan Soal UKG Online Untuk Lebih Jelasnya Lihat Video Panduan Latihan Soal UKG Online 2013 Dibawah ini:


 Semoga Bermanfaat...

Cek Data PNS Sesuai SK Pangkat Terakhir di http://www.bkn.go.id/

Cek Data PNS - Pegawai Negeri Sipil / PNS sekarang dapat melakukan Cek Data PNS sesuai SK Pangkat Terakhir di situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ini penting sekali bagi PNS yang ingin mengetahui valid tidaknya data yang tersimpan pada database BKN atau bagi PNS yang sedang atau dalam proses pengajuan kenaikan, tampilan halaman Cek Data PNS / Cek data SK Pangkat Terakhir dibawah ini :

http://cek-dapodik.blogspot.com/

Cara mengecek Data PNS sesuai SK Kenaikan Pangkat Terakhir sebagai berikut:
  1. Buka halaman atau situs Badan Kepegawaian Negara (BKN) : http://www.bkn.go.id/in/pastikan-data-anda-benar.html  copy dan paste kan saja pada addresbar browser anda.
  2. Masukkan / Ketik NIP ( Nomor Induk Pegawai ) anda atau orang yang bersangkutan, kemudian tekan “Tampilkan”
  3. Tunggu sebentar sampai Data anda ditampilkan
  4. Jika terjadi kesalahan akan muncul pesan seperti dibawah ini:

Maaf profil PNS dengan NIP Baru: 19XXXXXXXXXXXXXXXX tidak ditemukan.
Harap periksa kembali NIP yang anda masukkan.

Jika berhasil data yang ditampilkan diantaranya :
  1. Nama
  2. Jabatan 
  3. NIP 
  4. NIP Lama 
  5. Tanggal Lahir 
  6. TMT CPNS 
  7. TMT PNS 
  8. Golongan Ruang (TMT) 
  9. Pendidikan Terakhir 
  10. Instansi Kerja 
  11. Unit Kerja 
  12. Unit Kerja Induk 
  13. Kedudukan PNS


Catatan: 
Jika data tidak sesuai harap hubungi BKD atau Biro Kepegawaian di instansi masing masing dengan membawa dokumen yang otentik.

Demikian cara Cek Data PNS sesuai SK Kenaikan Pangkat Terakhir semoga bermanfaat.

Download Permendikbud Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Tahun 2013 SD/Mi, SMP/MTs, SMA/MA/SMK

Download Permendikbud Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Tahun 2013 SD/Mi, SMP/MTs, SMA/MA/SMK.

Peraturan Pemerintah no. 32 Tahun 2013 : Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Pasal 1 ayat 1
Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi (PP 32/2013 pasal 2 ayat 1):
a. standar isi;
b. standar proses;
c. standar kompetensi lulusan;
d. standar pendidik dan tenaga kependidikan;
e. standar sarana dan prasarana;
f. standar pengelolaan;
g. standar pembiayaan;dan
h. standar penilaian pendidikan.
1. Standar Kompetensi Lulusan
adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,pengetahuan, dan keterampilan (PP 32/2013 pasal 1 ayat 5)
Juklak baru : Permendikbud no. 54 Tahun 2013
2. Standar isi
adalah kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat Kompetensi untuk mencapai Kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu (pasal 1 ayat 6)
Juklak baru : Permendikbud no. 64 Tahun 2013
3. Standar Proses
adalah kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (pasal 1 ayat 7)
Juklak baru : Permendikbud no. 65 Tahun 2013
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
adalah kriteria mengenai pendidikan prajabatan dan kelayakan maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan (pasal 1 ayat 8).  Juklak lama : Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5. Standar Sarana dan Prasarana
adalah kriteria mengenai ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (pasal 1 ayat 9).  Juklak lama: Standar Sarana dan Prasarana
6. Standar Pengelolaan
adalah kriteria mengenai perencanaan, pelaksanaan,dan pengawasan
kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan (pasal 1 ayat 10).  Juklak lama: Standar Pengelolaan
7. Standar Pembiayaan
adalah kriteria mengenai komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun (pasal 1 ayat 11).  Juklak lama : Standar Pembiayaan Pendidikan
8. Standar Penilaian Pendidikan
adalah kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik (pasal 1 ayat 12)
Juklak baru: Permendikbud no. 66 Tahun 2013

Permendikbud tentang Standar Nasional Pendidikan yang sudah disesuaikan dengan PP no. 32 tahun 2013 :

- Permendikbud no. 54 Tahun 2013: Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Permendikbud no. 64 Tahun 2013: Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Permendikbud no. 65 Tahun 2013: Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
- Permendikbud no. 66 Tahun 2013: Standar Penilaian Pendidikan

atau dapat juga di download melalui link dibawah ini :


Pertumbuhan Kebutuhan Guru Berdasar Analisis Data Dapodik 2013


Sampel analisis data kebutuhan guru berdasar Dapodik : 
Analisis data menggunakan sumber data dapodik, menggambarkan pertumbuhan guru yg tidak terkendali :

Grafik diatas menggambarkan jumlah guru di SMP Negeri disebuah kabupaten. Menurut aturan Guru yang mengajar di sekolah negeri adalah PNS (warna biru), namun kenyataannya boleh ada guru bukan pns jika terdapat kekurangan guru (dan hanya sementara tidak seperti sekarang ada yg sampai 20 tahun honorer, ini adalah pendzoliman kepada mereka, memang tidak ada formasi atau dikemankan formasi CPNS selama 20 thn ini?). Kalau kita lihat Bar paling kiri jumlah guru sudah melebihi kebutuhan (titik merah).

Ironisnya guru PNS sudah lebih, kok masih ada guru bukan PNS padahal menurut hitungan tidak dibutuhkan karena jjm tidak tersedia. Yang paling miris lagi adalah jumlah yg disertifikasi melebihi kebutuhan guru. ini artinya guru tsb tidak akan dibayar karena tidak ada jam disekolah tsb. Kemudian lihat ke Bar sebelah kanan selanjutnya, polanya hampir sama bahwa semua mapel kelebihan guru PNS dan Guru bukan PNS masih ada walaupun yg PNS sudah lebih.

Silahkan hitung sendiri berapa inefisiensi keuangan negara untuk membiayai mereka pada saat sertifikasi melalui PLPG tetapi tenaganya tidak ini gunakan. Yang seperti ini hampir merata diseluruh indonesia. Kondisi inilah yang tidak digunakan oleh sipemberi NUPTK baru. Pemberian NUPTK baru akan membuat permasalahan makin rumit, yang diperlukan adalah redistribusi guru bukan penambahan guru baru.

Apalagi dengan bangganya status Anggota Dewan yg terhormat akan memperjuangkan pengangkatan semua tenaga honorer menjadi PNS. Kita tidak menolak selama itu sesuai kebutuhan, namun kalau itu hanya untuk menarik simpatik alangkah kasihannya mereka yg dijanji-janjikan.

Ups.. Stop dulu!
Selanjutnya..

 
Contoh ini Bpk/Ibu untuk jenjang SD, nanti ke depan di Dapodik menu seperti ini akan dibuka aksesnya untuk Op Kab dan Op Sekolah agar ada "sinkron" dalam hal penataan distribusi PTK dan analisis kebutuhan Gurunya. Analisis untuk SD Negeri di Kab. ini adalah masih kekurangan guru. 

Kekurangan ini dapat memanfaatkan kelebihan guru di SMP atau SMA/SMK. Khusus Guru PNS dapat dimutasi ke SD dan menurut permendikbud 62 tahun 2013, tunjangannya tetap dapat dibayar sempai 2014 dan jika terus ingin mengajar dimapel baru tsb guru harus mendapatkan sertifikat kedua.

Sekedar share dari informasi yang sy dapat dari teman, semoga bisa menjadi gambaran untuk anda.

Cara Cek NRG ( Nomor Register Guru ) Online

Cara Cek NRG ( Nomor Register Guru ) Secara Online. Nomor Registrasi Guru ( NRG ) menjadi salah satu syarat untuk pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru. Banyak guru yang mencoba mencari NRG tersebut secara online di internet, Hal ini didasari banyak guru yang bingung karena mereka tidak mempunyai atau mengetahui NRG. 

NRG adalah nomor unik yang dimiliki guru yang sudah bersertifikasi. NRG dikeluarkan oleh Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) untuk mereka yang lulus sertifikasi.

Cara Mengecek NRG secara online bisa dilakukan dengan mengakses website yang beralamat di http://nrg-kemdiknas.info/index.php?option=com_daftarnrg&Itemid=23. Tetapi saat ini website tersebut telah disupended, yang artinya sudah tidak bisa lagi dibuka. Selain itu timbul pertanyaan apakah situs tersebut resmi milik Kemendikbud, karena tidak berdomain go.id.

Namun jika Bapak/Ibu sudah sertifikasi, Bapak/Ibu bisa melihat NRG sekaligus mengecek data dirinya, caranya bisa dilihat pada Info PTK pada bagian Status data kelulusan sertifikasi pendidik, caranya buka saja halaman pada link berikut klik disini Cek Validasi Data Guru menurut beberapa sumber NRG yang tampil di lembar info PTK itu sudah berdasarkan database kelulusan di BPSDMPK.
Semoga bisa membantu..

Aplikasi DAPODIK Baru Tahun 2013 Free Download

Download Aplikasi Dapodik 2013. Dari (TOT) Training Of Traineers Aplikasi (DAPODIK) Data Pokok Pendidikan Dasar tanggal 18-20 Juli 2013 di Bandung. Untuk Operator Sekolah silahkan Download Aplikasi DAPODIK Terbaru 2013 dibawah ini beserta Manualnya untuk dipelajari. Tampilan Aplikasi DAPODIK yang baru kira-kira seperti dibawah ini:

 Download Aplikasi DAPODIK 2013 Disini


A. Manual Aplikasi klik disini
Wajib dibaca ;
  • Halaman 5 Point 1.3; Peran Kepala Sekolah, PTK, Peserta Didik dan Operator Sekolah
  • Halaman 5 Point 1.5; Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware)
Disarankan menggunakan Komputer/Laptop keluaran tahun 2010 atau setelahnya dan memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi.

  • Halaman 6-20; Installasi 
  • Halaman 23-25 ; Penjelasan Dasboard/Tampilan Aplikasi
  • Halaman 30-34 ; Tabel Formulir Peserta Didik

Dibagian ini terjadi banyak perubahan dibanding aplikasi sebelumnya antara lain ;
  1. Perubahan tampilan kolom "Status" (lihat halaman 30-31). Dari penjelasan dihalaman tsb terjadi perubahan pola yang semula untuk mengisi Status Peserta Didik lewat tabel "Sekolah"->Tampilkan data rincian sekolah->"Rombongan Belajar" kemudian siswa  di mapping ke Rombel atau Peserta Didik Keluar, sedangkan di aplikasi 2013 langsung di tabel "Peserta Didik" lewat menu "Registrasi".
  2. Input/Penambahan Peserta Didik (halaman 31-32). Diaplikasi 2013 penambahan peserta didik tidak langsung ditambahkan di database akan tetapi disimpan dulu di tabel "Sementara" dan field yang dientrykan di tabel "Sementara" juga tidak full (hanya field pokok untuk cekking data), kemudian data di tabel "Sementara" akan dicocokan dengan database yang sudah ada di server, jika di server sudah ada biodata an. peserta didik tersebut maka server akan mengirim biodata lengkap ke aplikasi. Namun jika tidak ditemukan maka data dari tabel "Sementara" akan disimpan ke database, operator harus melengkapi biodata siswa tsb.

Halaman 35-39 ; Tabel Formulir PTK
Sama dengan tabel "Peserta Didik" di tabel "PTK" juga ada banyak perubahan menu, antara lain :
  1. Menu "Penugasan" (halaman 36). Diaplikasi sebelumnya menu ini tdk ada, menu ini dimunculkan atas permintaan Direktorat P2TK yang ditujukan untuk mengetahui bulan-bulan keaktifan Guru.
  2. Menu Input/Penambahan PTK belum dijelaskan secara terperinci, kemungkinan mekanismenya sama dengan Input Peserta Didik (akan disimpan di tabel "Sementara" dulu)

Halaman 40-41 ; Tabel Formulir Sarana & Prasarana
Perbedaan dengan yang mendasar adalah jika dulu tabel "Sarana & Prasarana" ada didalam "Sekolah"  sedangkan sekarang dimunculkan sejajar dengan tabel-tabel yang lain (ada disamping kanan tabel "PTK")

Halaman 42-39 ; Tabel Formulir Rombongan Belajar
Sama dengan tabel "Sarana & Prasarana" untuk tabel "Rombongan Belajar" juga diletakkan sejajar dengan tabel-tabel yang lain. 
  1. Dari hasil pelatihan menggunakan versi BETA, ditemukan kesulitan saat melakukan mapping Peserta Didik yang disebabkan siswa tidak dikelompokkan berdasarkan Tingkat/Kelasnya (kolom Tingkat/Kelas tidak ada)
  2. Untuk mapping PTK sistem secara otomatis membatasi jumlah dan jenis mata pelajaran sesuai kurikulum yang dipakai sekolah (KTSP atau 2013), hal ini sesuai permintaan Dirjen P2TK juga.

Halaman 45; Multi User (1 komputer untuk lebih dari 1 sekolah)
Komputer yang diinstal Aplikasi 2013 (otomatis dijadikan server lokal) dapat digunakan lebih dari 1 sekolah (tidak ada batasan jumlah sekolah, yang membatasi adalah kemampuan komputer menangani volume datanya).

B. Penjelasan Aplikasi Dekstop klik disini
File berbentuk PowerPoint, sebagian isi sudah dijelaskan Manual Aplikasi (POINT A diatas). Difile ini lebih fokus ke penjabaran tata cara penggunaan aplikasi untuk operator sekolah.

C. Manajemen Pendataan klik disini
Wajib dibaca jika ingin tahu perubahan dan perbedaan dasar dari Aplikasi 2013 dengan aplikasi versi sebelumnya.

D. File Tambahan
Silahkan dibaca jika ada waktu dan pikiran sedang fresh (misal habis dapat THR, hehehe......). File ini tidak penting-penting amat dan bikin pusing;
  • Capain DAPODIK 2012 dan Rencana Aksi 2013 klik disini
  • Dibalik Dapur DAPODIK  klik disini
  • Konsep Pemanfaatan DAPODIK klik disini   
 
Update!!! Silahkan kunjungi halaman ini untuk mengunduh / mendownload Aplikasi Dapodik 2013 : http://118.98.166.59/laman/unduh  Copy dan Pastekan pada browser anda, atau klik disini untuk mendownload aplikasi melalui blog ini.

Masalah Sync / Sinkronisasi Data Dapodik dan Alur Data pada Server Pusat

Sedikit pencerahan masalah Sync / Sinkronisasi data Dapodik sekolah karena banyak sekali yang bertanya-tanya alur Sinkronisasi yang diolah oleh server.
Saya sudah sync tapi data belum berubah, Sudah Sinkronisasi tapi data masih salah, Sudah Sinkronisasi tapi data belum sama, Sudah Sinkronisasi tapi pada saat dicek ptk data masih salah dan tidak terjadi perubahan.

Dalam hal ini apakah  Sync / Sinkronisasi yang kita lakukan sudah berhasil? Apakah ketika Sync / Sinkronisasi sudah tidak ada data pada Tabel DATA YANG AKAN BERUBAH? atau sudah Nol perubahannya, yang berarti data diserver sudah sama dengan data yang ada pada komputer kita.



Proses Validasi data kiriman dari dapodikdas yang saat ini jauh lebih rumit dibandingkan dengan tahun lalu, tapi bukan berarti kita tidak bisa untuk melakukan sinkronisasi..

Masalah yang sangat terasa saat pertama dipublish adalah masalah delay data yang ada diserver P2TK dengan data yang dikirim oleh Operator Sekolah, masih ada jeda waktu yang cukup jauh antara 3-4 hari, Karena jeda waktu yang cukup jauh itulah maka saya mencoba menjelaskan bagaimana skema arus data yang masuk ke Server P2TK dari operator sekolah.



Dengan gambar tersebut diharapkan para teman-teman operator dapat memahami kenapa data sampai terjadi jeda, dan dimana jeda terjadi, alurnya secara garis besar kira-kira seperti ini :
  1. Data diolah dan diupload/syincron dari komputer sekolah/operator
  2. Masuk dalam server utama dapodik (biasanya tidak ada delay kecuali server sedang maintenance), sync gagal juga banyak disebabkan faktor ketidakstabilan koneksi internet
  3. Data yang masuk diserver utama direplikasi kebeberapa server replikasi seperti server PDSP, server replikasi untuk pelayanan dan lainnya.
  4. Karena besarnya data dari server utama dan banyaknya koneksi aplikasi dapodikdas kedalam server utama maka replikasi yang dilakukan biasanya terjadi delay (saat saya buat tulisan ini delay yang terjadi antara 2-3 hari. hasil investigasi dengan operator sekolah yang menjadi sukarelawan )
  5. P2TK akan mengambil data dari server replikasi yang dilakukan setiap satu hari sekali (ingat satu hari cuma ambil data satu kali) rencananya akan dilakukan dimalam hari antara jam 22 malam - 02 pagi. (saat tulisan ini di tulis sinkron masih belum sesuai jadwal, masih dilakukan lebih dari 2 kali sehari).
  6. Setelah data ditarik dari server replikasi dan masuk di Server P2TK, sistem yang ada di P2TK akan melakukan verifikasi data, proses verifikasi otomatis dilakukan oleh sistem tidak dilakukan manual (itu sebabnya P2TK tidak menerima berkas).
  7. Setelah verifikasi selesai baru info ptk bisa di nikmati oleh guru, operator sekolah, operator tunjangan dan siapapun yang ingin melihat validitas data ptk melalui website yang telah disediakan.
Karena besarnya animo guru, operator sekolah, operator tunjangan dan masyarakat lainnya yang ingin melihat validitas data PTK, sehingga server P2TK sering kali crash, oleh karena itu untuk memecah beban server, P2TK menyiapkan beberapa link yang dapat digunakan untuk melihat info PTK yang dapat anda lihat disini Cek Validasi Data Guru.
Demikian penjelasan singkat skema arus data dapodik sampai ke P2TK dan dapat disajikan menjadi Info PTK. 

Dari data dapodik kita dapat melihat kebutuhan guru klik disini : Pertumbuhan dan Kebutuhan Guru Berdasarkan Dapodik


Semoga bermanfaat..

Biosistem Online - Entri Nilai Raport Pada http://data.pdkjateng.go.id

Biosistem Online - adl sebuah media input nilai raport pada database tingkat provinsi yang nilainya langsung terkirim untuk dilakukan proses pengolahan oleh dinas PDK JATENG.

Dalam hal ini, kita selaku Operator Sekolah SD/SMP/SMA harus dapat tepat waktu dalam proses input nilai atau data tersebut pada sistem database yang telah di sosialisasikan oleh Operator UPT/Dinas Pendidikan Kabupaten Kota ke pihak Sekolah pada beberapa bulan yang lalu berkaitan dengan Input data peserta UN dan US serta Guru Mengajar waktu itu.
kita langsung saja bagaimana cara meng imput nilai raport pada database Bio Sistem Online tersebut.

  • Pertama tama silahkan anda copy url pdk jateng ke adressbar browsing anda : http://data.pdkjateng.go.id/ 
  • Pilih kategori Sekolah anda (contoh untuk sekolah dasar pilih SD/MI/SDLB ) silahkan clik pilihan anda. lihat gambar dibawah.
  • Setelah anda pilih jenjang sekolah atau yang kita jadikan contoh SD/MI/SDLB, sekarang tinggal memasukkan Username - Password - Kode yang Muncul - Login. ( lihat gambar dibawah ). 
  • Apabila anda sudah berhasil login, maka anda akan dibawa pada menu halaman utama dari Bio Sistem tersebut, sebagai contoh lihat gambar A dibawah, dan apabila belum berhasil atau dinyatakan username or password invalid seperti gambar B maka anda harus mengulang login lagi.
 gambar A
gambar B
  • Setelah anda berhasil login dan masuk menu utama, pastikan anda berada pada kelas VI
  • click kelas VI  kemudian arahkan pada Action - clik Entri Nilai Raport seperti ditunjukkan pada gambar, dengan tanda panah.
  • Halaman Pengisian Formulir
Isikan Formulir pengimputan data dengan mengisi Form yang ditanyakan. Jangan lupa beri tanda cek list seperti ditunjukkan panah merah diatas, Pilih Pengimputan data nilai dilakukan oleh Kepala Sekolah atau Sama Dengan User Pendataan Pilih salah satu, Setelah itu clik simpan Formulir atau clik Update isi formulir - OK
  •  Pengisian Mapel Mulok
Setelah mengisi Formulir - silahkan anda ceklik menu Mapel Mulok (Muatan Lokal), mapel mulok ini disesuaikan dengan Pelajaran disekolah masing, masing sebagai contoh untuk Mulok di SD N Banjaragung adalah : Bahasa Jawa, Baca Tulis Al-Qur'an, dan Bahasa Inggris, maka pengisian mapel mulok akan nampak seperti gambar dibawah.
Kett Gambar :
  • Kotak warna merah adalah menu pilihan entri yang terdiri dari : Formulir, Mapel Mulok, Entri KKM, Input Nilai dan Validasi Nilai
  • Kotak warna Biru adalah daftar mapel mulok ( contoh diatas bisa disesuaikan dengan sekolah masing-masing)

JANGAN LUPA ; Setelah semua Mulok terisi anda clik icon tombol Simpan Mulok
  • Pengisian Entri KKM,

Pengisian nilai KKM dimulai dari semester 7, 8, 9. 10, 11, 12 dan Ujian Sekolah.
Pastikan Nilai KKM yang akan anda isikan untuk tiap Mapelnya. Bio sistem Online akan merefress setiap pergantian mapel

Jangan Lupa untuk me-clik Simpan Nilai KKM
  • Pengisian Input Nilai

Keterangan Gambar :
Kelas   =  Akan muncul tahun siswa masuk dan kelas, silahkan di klik
Paralel =  Adalah jumlah paralel kelas sekolah anda, silahkan pilih paralel yang akan di input nilainya.
Antrian =  Menunjukkan antrian siswa menurut daftar absen dalam satu paralel, antrian siswa ini terdiri dari max. 5 siswa. jadi ketika kita telah mengisi data nilai dari antrian 1-5, jangan lupa untuk mengisi antrian 6-10 dan seterusnya.
Mapel =  Adalah mata pelajaran yang dipilih untuk di isi data raportnya, tentukan salah satu mapel terlebih dahulu untuk menyelesaikan data nilai raport untuk semua siswa dalam paralel dan antrian.
ISIKAN NILAI PADA KOLOM NILAI yang telah disediakan
- Setelah mengisi daftar nilai dari kelima antrian siswa - clik tombol Simpan Semua Nilai
  • Lakukan entri nilai untuk semua mapel untuk semua siswa, termasuk ketidak hadiran dan pengembangan diri, setelah semua dinyatakan valid dan tidak akan ada lagi perubahan lagi, lakukan validasi

Bacalah dengan baik informasi Validasi data nilai tersebut
Beri cek list pada kotak kecil yang saya tunjukkan pada anak panah

Download BSD Dapodik Untuk Backup Sinkronisasi Dapodik 2013 Untuk Yang Gagal Sinkronisasi

Download Dapodik BSD ( Backup Sinkron Dapodik ) - Aplikasi kecil ini sangat bermanfaat sekali bagi operator sekolah yang gagal melakukan sinkronisasi dapodik melalui aplikasi Dapodikdas 2013. aplikasi ini adalah alternatif untuk melakukan Backup Sinkronisasi Dapodik yang nantinya hasil backup tersebut dikirimkan melalui Dinas Pendidikan Kab. Kota.

Aplikasi BSD diinstall pada laptop/komputer yang terinstall Aplikasi Dapodik. Pada saat instalasi gunakan mode Administrator. Seterlah terinstal di komputer Pilih Start-Menu ( Backup Sinkron Dapodik ) Pilih folder penyimpanan kemudian Data di backup sehingga menghasilkan file berekstensi .std. Selanjutnya, data hasil backup local di serahkan kepada pihak Dinas Pendidikan yaitu Operator Tunjangan Profesi. Data yang terkumpul selanjutnya untuk di upload atau di teruskan kepada Pihak P2TK Dikdas dengan cara mengupload melalui Fitur yang sudah di sediakan pada Aplikasi Tunjangan Profesi.

Download installer aplikasi BSD Dapodikdas 2013 beserta panduan penggunaan, mekanisme, dan cara upload aplikasi BSD Dapodik 2013 dapat didownload pada link berikut Klik disini : Download BSD ( Backup Sinkronisasi Dapodik )

Untuk lebih jelasnya lihat informasinya disini : Mekanisme BSD (Backup Sinkron Dapodik)
Semoga Bermanfaat...

Mengatasi / Memperbaiki Data PTK / Guru Yang Tidak Valid

Memperbaiki data PTK yang Tidak / Belum Valid - Jika setelah anda cek validasi data pada Info PTK data anda masih ada beberapa yang berwarna merah atau data anda dapat dikatakan belum valid, apa yang harus anda lakukan?? mudah saja segera hubungi operator sekolah anda dan analisa hal-hal yang menimbulkan kesalahan pada data anda, silahkan bisa anda baca dibawah ini: 

Masalah #1

Operator Sekolah telah melakukan update / perbaikan / melengkapi isian aplikasi Dapodik, tetapi mengapa kami tidak dapat LOGIN untuk melakukan CEK INFO PTK?

Cara Memperbaiki Masalah #1
Ada beberapa kemungkinan penyebab masalah ini, misalnya:
  • Terjadi kesalahan pada saat mengisi NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan).
  • Terjadi kesalahan pada saat mengisi TANGGAL LAHIR.
  • Terjadi perubahan format TANGGAL di komputer, karena adanya perbedaan setting (Indonesia menggunakan format ddmmyyyy sedangkan USA menggunakan format mmddyyyy).
Perbaikan data dapat dilakukan pada NUPTK atau TANGGAL LAHIR pada Dapodik. Setelah melakukan upload atau update data pada laman manajemen pendataan di http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id, pasikan muncul status “BERHASIL DIPROSES”. Guru atau operator dapat pula mencoba-coba melakukan kombinasi TANGGAL LAHIR pada saat mencoba LOGIN, misal dengan format yyyyddmm atau yyyymmdd.

Masalah #2

Operator Sekolah telah melakukan perbaikan / update / upload data PTK melalui aplikasi penjaringan data Dapodik tetapi mengapa hasil perbaikannya tidak tampak pada Lembar INFO PTK?

Cara Memperbaiki Masalah #2
Terjadinya masalah ini kemungkinan dapat disebabkan oleh 2 hal, yaitu:
  • Proses impor data oleh Operator Sekolah ke Server milik Dapodik mengalami kegagalan (error). Untuk menyelesasikan masalah ini Operator Sekolah harus memastikan bahwa status data yang diupload memang telah “BERHASIL DIPROSES” pada laman manajemen pendataan di http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id.
  • Saat dilakukan cek di halaman INFO PTK Dapodik belum selesai proses sinkronisasi antara Server Dapodik dengan Server P2TK Dikdas. Bila memang demikian, ini sebenarnya bukan masalah. Jadi harap bersabar dan tunggu sekitar 2 – 3 hari, data guru pada Lembar INFO PTK akan mengalami perubahan.

Masalah #3

Mengapa ketika kami mencek Lembar INFO PTK ternyata NUPTK Statusnya Tidak Valid?

Cara Memperbaiki Masalah #3
Ada 2 kemungkinan penyebab masalah ini, yaitu:
  • Nama guru (PTK : Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang terdapat di dalam database NUPTK tidak sama dengan Nama guru pada Dapodik.
  • Terjadi kekeliruan dalam input data NUPTK, yaitu NUPTK yang diinput bukan milik guru yang bersangkutan, akan tetapi NUPTK milik orang lain.
Oleh karena itu Operator Sekolah dan Guru diharapkan untuk selalu berhati-hati dan teliti. Gunakan selalu referensi NUPTK yang valid, misalnya dari kartu registrasi guru atau dari Operator NUPTK Dinas Kabupaten / Kota.

Apabila kesalahan NAMA terdapat  pada database NUPTK makalakukan langkah-langkah berikut untuk memperbaikinya:
  • Anda dapat melakukan perbaikan NAMA anda melalui operator NUPTK.
  • Mintalah Cetak Lembar NUPTK hasil Perbaikan menggunakan aplikasi Web Browser NUPTK
  • Bawa Lembar NUPTK tersebut ke P2TK Dikdas agar dapat disesuaikan.
Tetapi, apabila kesalahan NAMA terdapat pada Dapodik, maka perbaikan lebih mudah, yaitu:
  • perbaiki nama anda melalui Operator Sekolah.
  • Operator Sekolah akan mengupload data dan tunggu hasilnya dalam beberapa hari.

Masalah #4

Mengapa Data kelulusan (SK Profesi) Tidak Ditemukan, Padahal NUPTK Kami Sudah Valid?

Cara Memperbaiki Masalah #4
Ada beberapa kemungkinan penyebab permasalahan ini, yaitu:
  • NUPTK pada dapodik berbeda dengan NUPTK pada data Kelulusan (untuk mengetahui apakah memang terdapat perbedaan NUPTK Dapodik dengan NUPTK pada Data Kelulusan, anda dapat mengecek di SK Tunjangan Profesi / SKTP tahun lalu). Bila memang terdapat perbedaan NUPTK, segera perbaiki melalui Operator Tunjangan yang ada di Dinas Kabupaten / Kota tempat anda bertugas.
  • NUPTK pada Data Kelulusan anda masih menggunakan NUPTK Sementara (9999XXX, 9000XXXX, 9898XXXX). Bila memang NUPTK yang digunakan adalah NUPTK Sementara, segera perbaiki melalui Operator Tunjangan yang ada di Dinas Kabupaten / Kota tempat anda bertugas.
  • Anda adalah guru yang melakukan mutasi dari Luar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Diknas).
  • Anda adalah guru yang melakukan mutasi Dari Luar Jenjang Pendidikan Dasar (Dikdas).
Untuk menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh kedua macam mutasi di atas, maka Data  Kelulusan harus diinput kelulusannya oleh Operator Tunjangan Dinas Kabupaten/Kota. Selanjutnya, Pengelola di Tingkat Pusat akan memverifikasi kelulusan tersebut, sebelum bisa diajukan penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SK TP)-nya. Saat meminta bantuan Operator Tunjangan di Dinas Kabupaten/Kota, anda harus menyiapkan berkas-berkas lengkap :
  • SK Mutasi
  • Sertifikat yang sudah dilegalisir
  • Fotocopy kartu NUPTK/NRG
  • dan berkas pendukung lain yang mungkin diperlukan.
Masalah #5

Mengapa Data kelulusan (SK Profesi) Atas Nama Orang Lain, Padahal NUPTK Kami Sudah Valid?

Cara Memperbaiki Masalah #5
Penyebab masalah ini adalah karena ada orang lain salah melakukan input data, yaitu NUPTK anda digunakan oleh orang lain. Cara menyelesaikan masalah ini adalah dengan sesegeranya melapor ke Dinas Kabupaten / Kota. Bawalah bukti bahwa NUPTK milik anda, misalnya dengan kartu NUPTK milik anda. Selanjutnya, Operator akan mengusulkan perbaikan data kelulusan orang lain yang telah keliru menggunakan NUPTK data anda ke Operator Pusat. Harap diperhatikan bahwa proses ini akan memerlukan waktu beberapa hari. Seandainya anda belum memiliki NRG ( Nomor Registrasi Guru ), sekaligus saja anda melaporkan agar dapat diusulkan penerbitan NRG-nya.

Masalah #6

Saya Mengajar 24 Jam Per Minggu, atau Telah Sesuai Ketentuan Lain Yang Berlaku, Tetapi Mengapa Jumlah Jam Mengajar Saya Kosong?

Cara Memecahkan Masalah #6
Sebab munculnya masalah ini adalah karena Operator Sekolah belum melakukan mapping Rombel (Rombongan Belajar atau Kelas), yaitu bagaimana susunan penugasan guru pada masing-masing Rombel. Untuk memperbaikinya, mintalah Operator Sekolah untuk memperbaiki isian data. Harus dipastikan pula bahwa JJM (Jumlah Jam per Minggu) sudah benar.

Masalah #7

Pada data disebut bahwa JJM telah ada, tetapi mengapa pada JJM Linear Masih Kosong?

Cara memperbaiki Masalah #7
Ada 2 kemungkinan penyebab masalah ini, yaitu:
  • Data kelulusan pada SK TP online tidak ditemukan sehingga tidak diketahui Bidang Studi Sertifikasi yang diambil. Untuk memperbaiki masalah ini, sama dengan cara memperbaiki masalah #4 di atas.
  • Anda mengajar mata pelajaran yang tidak sesuai dengan Bidang Studi Yang Diampu. Perhatikan mengenai mata pelajaran yang linier dengan Bidang Studi Serifikasi anda. Usahakan untuk selalu mengajar mata pelajaran yang sesuai. Tetapi bila kesalahan karena pengisian mata pelajaran, perbaiki data anda di dapodik melalui Operator Sekolah.
Masalah #8

Mengapa dikatakan Rombongan Belajar Tidak Normal?

Cara Memperbaiki Masalah #8
Biasanya penyebab  masalah ini karena JJM dalam Rombel melebihi ketentuan (Struktur KTSP). Lakukan perbaikan mapping penugasan dalam Rombel sehingga bersesuaian dengan Struktur KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).

Masalah #9

SK TP (Surat Keputusan Tunjangan profesi) Kami Sudah Diterbitkan, Tetapi Mengapa Gaji Pokok Tidak Sesuai (Salah)?

Cara Memperbaiki Masalah #9
Kemungkinan penyebabnya adalah adanya kesalahan pengisian Riwayat Gaji Berkala pada aplikasi Dapodik. Perbaiki data Riwayat Gaji Berkala pada aplikasi Dapodik melalui Operator Sekolah. Selanjutnya melaporlan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sehingga dilakukan penyesuain Tunjangan. Gaji pokok yang seharusnya digunakan adalah yang sesuai dengan SK KGB (SK Kenaikan Gaji Berkala) per Desember 2012. Bawalah berkas yang dibutuhkan, diantaranya :
  • SK Gaji Berkala per Desember 2012
  • Sertifikat yang sudah dilegalisir
  • Fotocopy kartu NUPTK/NRG
  • Dan berkas pendukung lain
Sesuai dengan diktum pada SK TP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi), bahwa Kepala Dinas berhak melakukan perbaikan jika ada kesalahan pada SK dengan menyertakan berkas berkas yang sah.

Bila anda NON PNS-DEKON, lakukan langkah-langkah berikut:
Lakukan update data pada dapodik dengan bantuan Operator Sekolah, karena masalah ini biasanya disebabkan oleh karena Data Inpassing Tidak valid (bukan dari isian Dapodik, namun data inpassing dari Biro Kepegawaian). Isikan data riwayat gaji berkala dengan benar (jika non PNS dan sudah inpassing isilah sebagaimana isian Golongan dan Masa kerja PNS namun status tetap  Non PNS). Selanjutnya melaporlah ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota agar ada penyesuaian Tunjangan. Gaji pokok yang digunakan ada yang sesuai dengan SK Inpassing. Bawalah berkas yang dibutuhkan, diantaranya :
  • SK Inpassing
  • Sertifikat yang sudah dilegalisir
  • Fotocopy kartu NUPTK/NRG ( cek NRG online disini )
  • Dan berkas pendukung lain
Selanjutnya, Dinas Kabupaten/Kota akan mengajukan penyesuaian Gaji Pokok melalui Aplikasi Tunjangan.
 
Masalah #10

Kami Sudah SK, tetapi Mengapa Tempat Tugas Bukan Sekolah Induk?

Cara Memperbaiki Masalah #10
Penyebab munculnya masalah ini adalah karena adanya kesalahan menentri data sekolah induk pada Dapodik. Pada umumnya masalah ini tidak mengganggu Pencairan Tunjangan Profesi (Sertifikasi) selama ada Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang tercantum dalam SK bahwa yang bersangkutan memang guru yang mengajar di sekolah tersebut. Tetapi apabila dipermasalahkan, maka dapat mengajukan perbaikan SK melalui Operator Tunjangan Dinas Kabupaten/Kota.

Masalah #11

Bagaimana ini, kami sudah SK, kok NUPTK, NRG dan Rekening Bank milik orang lain?

Cara memperbaiki Masalah #11
Jangan panik. Hal ini disebabkan karena kelulusan anda menggunakan NUPTK milik orang lain. Segera melapor ke Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota. Siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Selanjutnya, Dinas Kab/Kota mengajukan PEMBATALAN SK supaya dapat DIPERBAIKI data kelulusannya. Setelah pembatalan disetujui pusat, Operator Dinas Kabupaten / Kota akan melakukan perbaikan data kelulusan. Lalu, Operator Dinas Kabupaten / Kota akan mengajukan SK baru anda yang benar. 

Masalah #12

Mengapa SK TP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi) Saya Tidak Terbit, Padahal Data Saya Sudah Memenuhi Syarat?

Cara Memperbaiki Masalah #12
Penyebab hal ini adalah karena data pendukung kurang. Tanyakan pada operator apa status dokumen anda. Bila status masih “EDIT”, kemungkinan masih ada kekurangan data anda. Biasanya berupa data : (a) Masa Kerja dan Golongan tidak diisi; (b) Status Kepegawaian tidak diisi; (c) Nomor Rekening Bank belum ada; (d) NRG Belum ada; (e) NUPTK di data kelulusan menggunakan NUPTK orang Lain. Perbaiki data-data pendukung ini dengan bantuan Operator Sekolah melalui aplikasi Dapodik.

Beberapa Pertanyaan Penting Lain Tentang Tunjangan Profesi

Pertanyaan #1

Apa saja mata pelajaran yang diakui di Sekolah Dasar  (SD)?

Jawab:
Contoh pembagian Jam Mengajar di SD yang diakui :
  • Guru Kelas : 24 jam
  • Penjaskes : 4 jam
  • Agama : 3 jam
  • Mulok Tambahan (Bahasa Inggris: 2 jam)
  • Free  3 jam (biasanya diambil kepala sekolah mengajar PKN)

Pertanyaan #2

Apa saja mata pelajaran yang diakui di Sekolah Menengah Pertama (SMP)?

Jawab:
Contoh pembagian Jam Mengajar di SMP yang diakui :
  • Agama 2 jam
  • PKN 2 jam
  • Bahasa Indonesia : 4 jam
  • Bahasa Inggris : 4 jam
  • Matematika : 4 jam
  • IPA : 4 jam
  • IPS : 4 jam
  • Seni Budaya : 2 jam
  • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan : 2 Jam
  • Ketrampilan (Tata Boga/Tata Busana/IT) : 2 jam
  • Muatan Lokal 2 jam
  • Free 4 jam (bisa diambil untuk menambah di beberapa pelajaran)
Pertanyaan #3

Apakah boleh Guru dengan Sertifikasi Guru Kelas mengajar Bidang Studi karena kehabisan Rombel?

Jawab:
Pada hakekatnya tidak ada larangan, namun tunjangan profesinya tidak akan diberikan, karena Guru Kelas harus memegang Kelas. Dikecualikan untuk Kepala Sekolah.

Pertanyaan #4

Apakah Guru di SD/SMP dapat menambah jam mengajar di jenjang lain (SMP/SMA/SMK/MA/MI/MTS)?

Jawab:
Sepanjang memenuhi syarat linieritas, maka Guru di SD/SMP dapat menambah jam mengajar di jenjang lain (SMP/SMA/SMK/MA/MI/MTS). Karena pada beberapa jenjang data PTK belum dilakukan melalui Dapodik, maka melaporlah ke Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota dengan membawa berkas : (a) SK Beban mengajar; (b) Fotokopi Sertifikat yang telah dilegalisir; (c) Fotokopi Kartu NUPTK/NRG.
Selanjutnya Operator Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota akan mengajukan penambahan jam di luar DIKDAS ke Pusat melalui Aplikasi Tunjangan. Operator di tingkat pusat akan melakukan verifikasi sebelum mengabulkam permohonan.

Pertanyaan #5

Bagaimana cara memasukkan Guru BK pada Aplikasi Dapodik yang benar?

Jawab:
Guru Bimbingan dan Konseling harus tetap dimasukkan ke dalam Rombel dengan perhitungan jumlah jam sebagai berikut :
JJM =(Jumlah Murid dalam rombel)/150 x 24 jam

Contoh :
Jumlah murid : 40
Maka JJM = 40/150 x 24 = 6 jam (untuk 1 rombel)

JJM Guru BK tidak akan merusak JJM Rombel sehingga tidak akan mempengaruhi normal/tidak normalnya rombel.

Pertanyaan #6

Mata pelajaran apa saja yang dapat lintas Jenjang?

Jawab:
Sepanjang dalam satu rumpun maka pelajaran tersebut akan diakui karena linear. Misalnya Penjas untuk SD, SMP dan SMA.

Pertanyaan #7

Mengapa Data PTK di Dapodik dan P2TK Dikdas saya tidak muncul atau bermasalah?

Jawab:
Bila guru telah memenuhi kewajibannya dengan benar di lapangan (sekolah) sesuai ketentuan berlaku, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah pengisian instrumen data oleh operator sekolah tidak lengkap. Isi semua variabel, jangan ada yang kosong atau terlewatkan. Jika ada satu saja variabel tak diisi, maka data secara keseluruhan tidak bisa diolah.

Pertanyaan #8

Apa yang dimaksud dengan Dapodik?

Jawab:
Dapodik (Data Pokok Pendidikan) adalah sebuah program pendataan yang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dapodik ditujukan untuk menjaring 3 entitas data pokok pendidikan di seluruh Indonesia secara individual dan relasional. Ketiga entitas data tersebut yaitu (1) peserta didik, (2) pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), dan (3) satuan pendidikan. Penjaringan dilakukan secara daring (dalam jaringan—online). Instrumen pendataan dapat diunduh pada link berikut ini Download Aplikasi Dapodik 2013

Pertanyaan #9

Bagaimana Tugas dan Wewenang Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Dapodik?

Jawab:Pihak-pihak yang terlibat dalam penjaringan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah : (1) Kepala Sekolah; (2) Guru; (3) Operator Sekolah. Secara teknis, kepala sekolah mengumpulkan instrumen pendataan terkait siswa, guru, dan sekolah. Data tersebut kemudian diserahkan kepada Operator Sekolah yang bertugas mengunggah data ke sistem Dapodik. Sistem Dapodik tidak dapat dilakukan secara individual oleh guru, tapi Operator Sekolah karena mereka mempunyai akses untuk masuk ke Sistem Dapodik. Pihak yang paling bertanggungjawab mengenai  Data Pokok Pendidikan ini adalah Kepala Sekolah.

Pertanyaan #10

Apa hubungan Dapodik dengan Tunjangan Profesi (Sertifikasi) Guru?

Jawab:Dapodik tidak menentukan seorang guru mendapat tunjangan profesi atau tidak. Dapodik hanya sekadar menyajikan data secara individual dan terelasi dengan sekolah dan rombongan belajar yang diemban/diampu. Walaupun demikian, Dapodik penting karena merupakan bahan mentah yang digunakan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar untuk menyalurkan tunjangan profesi (sertifikasi) guru sesuai kriteria dan aturan yang telah ditentukan.

Pertanyaan #11

Seberapa banyak pendataan Dapodik yang masih bermasalah?

Jawab:
Hingga 11 April 2013 pukul 17.00 WIB, pendataan Dapodik telah berjalan 96,5 persen. Dari total 184.498 SD dan SMP di seluruh Indonesia, 178.049 sekolah telah memasukkan datanya dan sekolah yang belum terjaring berjumlah 6.449. Dua provinsi yaitu Kepulauan Bangka Belitung dan D.I. Yogyakarta telah 100 persen tuntas menjaring Dapodik.

Pertanyaan #12

Bagaimana Cara yang Ditempuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Menuntaskan Dapodik?

Jawab:
Untuk mengejar ketuntasan pendataan dan meningkatkan kualitas Dapodik, telah dikerahkan 15 operator pendataan. Ada berbagai fasilitas layanan kepada sekolah agar bisa memperbaiki data secara baik dan cepat. Fasilitas layanan tersebut di antaranya broadcast, telepon, jejaring sosial Facebook, surat elektronik (email), dan surat pos. Sekolah yang datang ke sekretariat Dapodik juga akan dilayani dan dibantu.    

Pertanyaan #13

Bagaimana Data Guru untuk Pembayaran Tunjangan bila Dapodik Belum Beres?

Jawab:Data guru yang mendapatkan tunjangan memang diambil dari Dapodik. Tetapi, karena pendataan Dapodik belum mencapai 100 persen, maka pendataan juga akan dilakukan secara manual. Jadi data yang digunakan adalah kombinasi Dapodik dan  manual. Sekretariat Dapodik akan melakukan pengecekan secara manual dengan menghubungi operator sekolah melalui surat elektronik, pesan layanan singkat, atau surat pos. Pengecekan juga bisa disampaikan melalui kepala sekolah dan dinas pendidikan kabupaten/kota.

Demikian artikel yang kami dapat dari berbagai sumber semoga dapat bermanfaat bagi anda.