Biosistem Online - Entri Nilai Raport Pada http://data.pdkjateng.go.id

Biosistem Online - adl sebuah media input nilai raport pada database tingkat provinsi yang nilainya langsung terkirim untuk dilakukan proses pengolahan oleh dinas PDK JATENG.

Dalam hal ini, kita selaku Operator Sekolah SD/SMP/SMA harus dapat tepat waktu dalam proses input nilai atau data tersebut pada sistem database yang telah di sosialisasikan oleh Operator UPT/Dinas Pendidikan Kabupaten Kota ke pihak Sekolah pada beberapa bulan yang lalu berkaitan dengan Input data peserta UN dan US serta Guru Mengajar waktu itu.
kita langsung saja bagaimana cara meng imput nilai raport pada database Bio Sistem Online tersebut.

  • Pertama tama silahkan anda copy url pdk jateng ke adressbar browsing anda : http://data.pdkjateng.go.id/ 
  • Pilih kategori Sekolah anda (contoh untuk sekolah dasar pilih SD/MI/SDLB ) silahkan clik pilihan anda. lihat gambar dibawah.
  • Setelah anda pilih jenjang sekolah atau yang kita jadikan contoh SD/MI/SDLB, sekarang tinggal memasukkan Username - Password - Kode yang Muncul - Login. ( lihat gambar dibawah ). 
  • Apabila anda sudah berhasil login, maka anda akan dibawa pada menu halaman utama dari Bio Sistem tersebut, sebagai contoh lihat gambar A dibawah, dan apabila belum berhasil atau dinyatakan username or password invalid seperti gambar B maka anda harus mengulang login lagi.
 gambar A
gambar B
  • Setelah anda berhasil login dan masuk menu utama, pastikan anda berada pada kelas VI
  • click kelas VI  kemudian arahkan pada Action - clik Entri Nilai Raport seperti ditunjukkan pada gambar, dengan tanda panah.
  • Halaman Pengisian Formulir
Isikan Formulir pengimputan data dengan mengisi Form yang ditanyakan. Jangan lupa beri tanda cek list seperti ditunjukkan panah merah diatas, Pilih Pengimputan data nilai dilakukan oleh Kepala Sekolah atau Sama Dengan User Pendataan Pilih salah satu, Setelah itu clik simpan Formulir atau clik Update isi formulir - OK
  •  Pengisian Mapel Mulok
Setelah mengisi Formulir - silahkan anda ceklik menu Mapel Mulok (Muatan Lokal), mapel mulok ini disesuaikan dengan Pelajaran disekolah masing, masing sebagai contoh untuk Mulok di SD N Banjaragung adalah : Bahasa Jawa, Baca Tulis Al-Qur'an, dan Bahasa Inggris, maka pengisian mapel mulok akan nampak seperti gambar dibawah.
Kett Gambar :
  • Kotak warna merah adalah menu pilihan entri yang terdiri dari : Formulir, Mapel Mulok, Entri KKM, Input Nilai dan Validasi Nilai
  • Kotak warna Biru adalah daftar mapel mulok ( contoh diatas bisa disesuaikan dengan sekolah masing-masing)

JANGAN LUPA ; Setelah semua Mulok terisi anda clik icon tombol Simpan Mulok
  • Pengisian Entri KKM,

Pengisian nilai KKM dimulai dari semester 7, 8, 9. 10, 11, 12 dan Ujian Sekolah.
Pastikan Nilai KKM yang akan anda isikan untuk tiap Mapelnya. Bio sistem Online akan merefress setiap pergantian mapel

Jangan Lupa untuk me-clik Simpan Nilai KKM
  • Pengisian Input Nilai

Keterangan Gambar :
Kelas   =  Akan muncul tahun siswa masuk dan kelas, silahkan di klik
Paralel =  Adalah jumlah paralel kelas sekolah anda, silahkan pilih paralel yang akan di input nilainya.
Antrian =  Menunjukkan antrian siswa menurut daftar absen dalam satu paralel, antrian siswa ini terdiri dari max. 5 siswa. jadi ketika kita telah mengisi data nilai dari antrian 1-5, jangan lupa untuk mengisi antrian 6-10 dan seterusnya.
Mapel =  Adalah mata pelajaran yang dipilih untuk di isi data raportnya, tentukan salah satu mapel terlebih dahulu untuk menyelesaikan data nilai raport untuk semua siswa dalam paralel dan antrian.
ISIKAN NILAI PADA KOLOM NILAI yang telah disediakan
- Setelah mengisi daftar nilai dari kelima antrian siswa - clik tombol Simpan Semua Nilai
  • Lakukan entri nilai untuk semua mapel untuk semua siswa, termasuk ketidak hadiran dan pengembangan diri, setelah semua dinyatakan valid dan tidak akan ada lagi perubahan lagi, lakukan validasi

Bacalah dengan baik informasi Validasi data nilai tersebut
Beri cek list pada kotak kecil yang saya tunjukkan pada anak panah

No comments:

Post a Comment