Cara Cek Validasi Data Guru


Cara cek / pengecekan Validasi Data Guru / Cek Data Guru Sertifikasi atau Cek Verifikasi Data PTK / Cek Data Guru th 2013 / 2014, Info PTK melalui blog Cek Validasi Data Guru Sertifikasi ini sangat mudah! anda bisa mengecek validasi data diri yang dikirim melalui aplikasi pendataan dikdas / dapodikdas 2013 dan anda juga dapat mengecek SK Tunjangan Sertifikasi Guru melalui form yang tersedia dibawah ini. Form dibawah ini terkoneksi langsung dengan server pusat jadi data yang dihasilkan akan sama.

Isilah kolom UserID dengan NRG atau NUPTK bagi anda yang belum sertifikasi dan tuliskan passwordnya dengan tanggal lahir anda dengan ketentuan sebagai berikut:
Penulisan NRG/NUPTK tidak menggunakan spasi dan tidak ditambah dengan karakter apapun. kemudian ketik paswordnya dengan tanggal lahir anda yang dibalik dari tahun bulan tanggal, Harus 8 angka, contoh 12 Agustus 1965 menjadi 19650812 seperti yang tertulis pada keterangan halaman dibawah ini:


Kemudian tunggu beberapa saat, semoga berhasil dan data anda telah valid. 
Catatan : Form Pengecekan Data Guru diatas sewaktu-waktu tidak muncul, anda dapat me-refresh halaman ini dengan menekan F5 pada keyboard komputer anda, atau anda dapat membukanya kembali lain waktu, Anda juga dapat membuka halaman yang lainnya di alamat ini :
  1. http://223.27.144.195:8081/
  2. http://223.27.144.195:8082/
  3. http://223.27.144.195:8083/
  4. selanjutnya sampai ...   http://223.27.144.195:8086/
Copy salah satu dan Paste-kan pada alamat url browser anda...

Apabila data anda belum valid atau masih ada data yang salah atau belum diisi, segeralah diupdate melalui aplikasi pendataan dikdas, bagi sekolah yang telah melakukan sinkronisasi melalui aplikasi pendataan dikdas laporannya bisa dilihat melalui jendela dibawah ini. pada halaman web tersebut juga terdapat banyak fasilitas seperti download aplikasi dapodik 2013 + patch, penjelasan aplikasi, tanya jawab seputar aplikasi dapodikdas 2013 dan lainnya.


Selanjutnya...
Untuk melihat Progres Pengiriman Data Pokok Pendidikann Dasar 2014 se-Indonesia dibawah ini:

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.
Artikel pilihan :

155 comments:

  1. Trims ya, lebih ringkas dan gak ribet cari2 alamat lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas admin,,,tolong cek data sertifikasi saya atas nama i ketut sariana,SMP KWT,taro gianyar bali!

      Delete
  2. Ok, Sama -sama terimakasih sudah mengunjungi halaman ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. TRI UTAMI OPERATOR SDN 06 KOTO GADANG GUGUKMay 3, 2013 at 5:25 PM

      ass pagi pak,
      maaf ya pak , data yang saya kirim semester 2 jumlah rombel 10 dan siswa 216 , tetapi di cek validasi kenapa msih data semester satu yang masih di update ? mohon penjelasanya.....

      Delete
  3. mas admin, kalau bisa ditambahin jendela info SK dari P2TK Dikdas dong, biar lebih lengkap lagi. jadi biar tau siapa2 yang belum atau sudah dapat SK.. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bapak/Ibu.. Segera saya Update..

      semoga bermanfaat. :)

      Delete
    2. Tolong bapak kenapa indul saya bisa di smp N.4 tegallalang padahal saya indulnya di smp kertha wisata taro,dan operator di smp 4 taro sudah merubahnya dan mencantumkan di kertha wisata taro tapi kenapa belum juga berubah ,tolong bapak bantu ;(saya atas nama: i ketut sariana ,dari smp kertha wisata taro tegallalang,gianyar bali!

      Delete
  4. ituh lola banged yak ms admind
    gagal terus appa ada yang slah atau gimanah ms admin tlong mnta jawabannya yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halaman yang saya tampilkan memang sewaktu² tidak bisa dibuka karena pengunjung yang terlalu banyak, silahkan buka halaman ini pada jam² tertentu.

      Delete
  5. Saya membuka pendataan guru Koq muncul NUPT dan tgl lahir salah.. tapi saya membuka situ tunjangan guru dengan masukan NUPTk dan paswor tgl lahir bisa keluar data .. nama, NUPTK No Peserta, No freg. nama Sekolah dan Kota, dan Propinsi.. koq ga muncul dmna pencaiaran dan syarat pencairan... tmkash atas jawabanyya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Bapak Ahmad Sidiq salah dalam menuliskan nuptk atau tgl lahirnya.. coba ulang kembali! untuk informasi dimana pencairan dan syarat pencairan silahkan datang saja ke Dinas Pendidikan Setempat, Terimakasih atas kunjungan anda..

      Delete
  6. terima kasih ya, lebih ringkas dan gak ribet cari2 alamat lagi, dan telah banyak membantu,

    ReplyDelete
  7. Inilah sebenar benarnya pendataan online ringkas cepat dan efisien yah harusnya seperti ini :)

    ReplyDelete
  8. TRI UTAMI , TERIMA KASIH BAPAK . TETAPI KENAPA YG DAPAT TUNJANGAN PROFESI DAN AKADEMIK HANYA GURU SAJA , UNTUK OPERATORNYA KAPAN YA........ (*_*)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk operatornya dapat tunjangan pengertian dari guru yang dpet tunjangan sertifikasi... :) kalo inget maksudnya..

      Delete
    2. he'em, sama denganku kalau gitu..
      guru-guru sering marah2 lantaran datanya blum keluar ato salah.sudah benar dah dapat uang, lupa deh! sy pernah dengar kalau mengerjakan dapodik ada imbalannya Rp 1.000,- per siswa. benar tidak tho???

      Delete
    3. Ada anggaran, boleh memanfaatkan dana BOS untuk input daata DAPODIK, dengan maksimal per item siswa atau guru 1000 rp (untuk petugas input), sednagkan laporan lain penggunaan dana(copy form data, siswa dan guru) sebagai laporan terpisah. Seperti itu kayaknya... walau saya sendiri mendapat "imbalan pengertian...."
      Oh iya... mestinya operator dapat SK dari KS begitu, karena bisa dituntut didepan hukum jika salah dan ada yang gugat (sesuai UU ITE). mari ajukan data ke KS suapaya dapat SK sebagai operator DAPODIK. biar posisinya "aman"

      Delete
    4. wah² kalo kaya gini lama² ada "Ikatan Operator Dapodik Seluruh Indonesia" nih.. karena pasti selalu operator yang dikejar² terus bahkan ada yang sampai dimarahi ama guru yang datanya lum beres, hhe... iya mas/mba ada imbalannya walau cuma sedikit tapi tetap bersyukur...

      Delete
    5. Yang lebih kasian lagi GTT yang udah terima TF APBD/APBN karena tidak bisa memenuhi kriteria Bank DAPODIK, Harus gigit jari. Sedangkan para PNS yang sudah Sertifikasi tidak pernah ingat untuk berbagi rezekinya.

      Delete
    6. hikz.. cedih.. :(

      Delete
  9. DATA SY TELAH DINYATAKN VALID, MAKASIH pAK, MOGA TUHAN MMBALAS KEBAIKAN BPK...TP NAPA BLOM ADA SK NYA Y PAK?

    ReplyDelete
  10. ass...
    pagi maaf ya pak data yang saya kirim semester 2 jumlah rombel 10 siswa 216 , tetapi mengapa di cek validasi masih 9 dan jumlah siswa 218 apakah masih data semester 1 yg masih di update . mohon bantuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wlkumslam.. coba cek di jendela no.2, menurut halaman tersebut data yang ditampilkan adl data semester 2, sedang setau saya untuk validasi data sertifikasi saat ini masih mengacu semester 1, atau silahkan anda menghubungi dinas pendidikan setempat agar menjadi lebih jelas.. :)

      Delete
    2. TRI UTAMI OPERATOR SDN 06 KOTO GADANG GUGUKMay 9, 2013 at 6:34 PM

      ok trima kasih bapak......(*_*)

      Delete
  11. Terimakasih, pengecekan data jadi lebih cepat.. :)

    ReplyDelete
  12. thaks pak atas share infonya sangat bermanfaat
    salam dari kab. tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walikumsalam Wr. Wb.. terimakasih juga atas kunjungannya.. :)

      Delete
  13. sama saja pak masih susah 4 miror diatas untuk diakses, terkesan hanya untung-untungan untuk bisa login. nampaknya memang pemerintah belum siap untuk menghadapi masalah ini namun tetap memaksakan kehendak. Jadinya, para operator dapodik di sekolah ikut direpotkan dengan susahnya mengakses website tersebut,,, so ayolah pemerintah perbaiki semuanya agar kami merasa mudah dalam bekerja dan program pemerintah berhasil dengan baik,,,

    -hanya sekedar protes yang mungkin diperhatikan untuk menuju perbaikan
    -salam pendidikan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin semua berpikiran sama seperti bpk, semoga sistem yang sedang berjalan segera disempurnakan sehingga tidak terjadi lagi kendala² yang ditimbulkan.

      Delete
    2. BENAR OPRATOR JADI BINGUNG.........DAN MERASA TAKUT KALU DATA IBU GURU YANG SERTIFIKASI GAK KELUAR .....

      Delete
    3. Jangan pernah merasa takut dan bingung jikalau anda benar! tunjukan saja kepada yang bersangkutan jika data yang anda inputkan sudah benar.

      Delete
  14. kenapa data pada kolon nuptk sy selalu dicantumkan kode nuptk salah infut pada data dapodik dan tidsk valid. apa krena nama pada pertama terbit nuptk Muhammadnya yusran dipendekin jadi muh yusran ? jadi sya pingin nanya pak yang mana sya masukkan pada data dapodik apa nama di NUPTK Muh. Yusran atau nama yang tercantum pada sertifikat yaitu Muhammad Yusran ? dan juga data kelulusan tidak ditemukan padahal sya ini lulus sertifikasi tahun 2007 kuota 2006 dengan No. Peserta 06191102700007 No. sertifikat 240702700273 ,NRG 064627059002 NUPTK 2746745647200052, mohon penjelasan pak terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya Bpk dalam menuliskan nama jangan disingkat, coba sesuaikan nama yang di NUPTK dengan nama yang diinputkan di aplikasi dapodik, jika sudah tunggu hasilnya, kalo masih belum berhasil silahkan menghubungi dinas pendidikan setempat. :)

      Delete
  15. Maaf Sdr Admin, Saya bersertfkat Penddk IPA, mengajr IPA di dua sklh, induknya SMPN 4 Pare 12 JJM dan Sokolah SMK Swasta IPA 12 JJM. Mengapa data DAPODIK saya tidak tampil IPA 24 JJM ? mengapa hanya IPA 12 JJM saja?. Sudah saya scan semua bukti2 pendukung lalu dikirim ke email cekdataguru@gmail.com. Gak ada respon /perubahan sama sekali. Mohon penjelasan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena bpk mengajar didua sekolah dengan jenjang pendidikan yang berbeda. Lebih baik bapak melampirkan data² yang berkaitan dengan hal diatas dan dikirimkan segera ke dinas pendidikan kabupaten setempat. untuk data apasaja yang diminta untuk dilampirkan silahkan bpk cari infonya disana, semoga dapat membantu.

      Delete
    2. Di sekolah kami, SMP 4 Pare, ada 7 orng guru juga mengajar di 2-3 sekolah yg beda jenjang dan masih banyak lagi guru2 di sekolah lain yg senasib dgn saya. Tdk ada solusi yg pasti. Dinas Penddkn Kab ketika ditanya masalah ini juga tdk tahu krn "katanya" tdk ada petunjuk teknis dari pusat(DIKDAS). Hanya meminta semua sekolah yg msalahnya seperti itu tuk mengumpulkan file bukti2 pendukung (PDF) akan dikirim via email ke cekdataguru@gmail.com atau per orng juga kirim email ke situ. Hasilnya hingga sekarang msih NIHIL. SKTP belum terbit. Mohon bantuannya....

      Delete
    3. Lebih baik bpk membuat Surat Keterangan Bersama yang diketahui Pengawas di sekolah induk dan Kepala Dinas Kab. Setempat, dikirimkan ke Dinas Pendidikan dan nanti dinas yang mengurus berkas tersebut untuk dikirim ke pusat. semoga dapat membantu..:)

      Delete
    4. Semua berkas dah saya kirim ke dins 3 minggu yg lalu, baik fisik maupun file scannya. Sudah juga oleh dinas dimasukkan dalam SIM-Tun krn beda jenjang itu. Tapi hingga hari ini dapodik saya masih tetep 12 JJM dan SKTP belum terbit.

      Delete
  16. Jumiran SMP 4 ComalMay 10, 2013 at 5:58 PM

    Assalamu'alaikum
    Pak tanya nich, disekolahku ada guru BK lulus sertifikasi 2007 kode bidang study yang muncul 125 ( mmapel lainnya ). Bagaimana cara merubah agar menjadi kode 810 ( mapel BK ) sebab selama ini dinilai belum linier, sehingga JJM masih o jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya masalah teknis seperti itu sy kurang begitu paham, sy juga sering menginputkan data setelah sy tutup aplikasi dan sy buka kembali data tersebut hilang padahal jelas data tersebut sudah tersimpan. sedangkan untuk guru BK perhitungan JJM dihitung bukan dari banyaknya jumlah jam mengajarnya namun dihitung per anak kalo ga salah 150 anak = 24Jam, silahkan tanyakan saja masalah ini ke dinas pendidikan setempat agar lebih jelas. :)

      Delete
  17. saya mau tanya pak kenapa yang diurusi cuma tunjangan profesi sedangkan yang tunjangan kualifikasi akademik dibiarkan saja, saya sudah sering kirim email gak ditanggepin, telpon ke kemendiknas juga bilang " ditunggu aja "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabanya sama pak, ditunggu saja.. :D karena setiap daerah itu tidak sama aturannya.

      Delete
  18. saya bingung sampai sa,at ini alamat diatas satupun gak bisa diakses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bpk buka diwaktu² tertentu disaat halaman tersbut tidak ramai pengunjung misal malam atau pagi sekali.. jika tetap tidak bisa mohon bersabar, karena orang sabar disayang tuhan.. :D

      Delete
  19. Assalamu'alaikum admin...

    Saya mau tanya, data guru yang sudah dinyatakan valid dan sudah tertera "PTK bersangkutan telah memenuhi syarat untuk menerima Tunjangan Profesi" tapi di lihat pada hasil tahap II ini nama guru tersebut tidak terdaftar.
    Itu salahnya dimana ya admin??
    Mohon penjelasannya... karena ada 7 guru yang mengalami hal tersebut..

    Atas penjelasan dan kerja sama yang baik saya ucapkan terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih admin atas penjelasannya..
      Saya operator sekolah, saya pikir ada data yang harus saya perbaiki lagi.. ^_^

      Dan satu pertanyaan lagi ni admin... :)

      Ada satu guru yang saya sudah cek datanya (NUPTK nya) dan sudah dinyatakan valid dan sudah memenuhui syarat untuk menerima tunjangan profesi di tempat sekolah saya bekerja dan guru tersebut di tahap dua ini namanya sudah lolos dengan NUPTK,NRG, NO PESERTA yang sama tetapi tidak dinyatakan lolos di tempat sekolah saya bekerja. Malah dinyatakan lolos di sekolah yang lain?
      Itu bagaimana ya admin?

      Delete
    2. Silahkan cek kembali data di aplikasi dapodik, jika terjadi kesalahan segera anda update jika tidak mungkin hanya terjadi salah penulisan saat merekap data, tetapi lebih baik segera ajukan masalah tersebut ke Dinas Pendidikan setempat agar data PTK di sekolah anda valid. maaf komentar sebelumnya tidak sengaja sy hapus.. :)

      Delete
    3. Saya tidak bisa mengecek data itu admin karena server dari aplikasi dapodik tidak bisa dibuka saat ini.
      Terakhir saya cek data guru2 itu tanggal 05 Mei dan datanya sudah saya copy dan saya save..
      Semuanya sudah dinyatakan valid di sekolah saya..
      dan sekarang saya lihat hanya 2 orang yang lolos selebihnya belum..

      Itu sebabnya saya bingung. dan lebih membingungkan lagi kenapa salah satu dari 2 guru yang lolos sertifikasi tahap2 ini tertera di nama sekolah yang lain...

      Delete
    4. Ya, memang alamat yang saya tampilkan pada jendela diatas tidak bisa ditampilkan sewaktu², jika anda sudah mengcopy data yang sudah di verifikasi sekarang sebaiknya data tersebut cocokkan dengan data yang ada di aplikasi dapodik offline yang terinstal di komputer, cek pada isian data sekolah induk atau bukan induk dan pastikan nama sekolah ptk tersebut benar. :)

      Delete
  20. ADMIN ...... GMANA NEH DATA GURU YANG SERTIFIKASI YANG DIUSULKAN ADA 2 ORANG .....YANG UDAH KELUAR SKX 1 ORANG GURU KELAS SD SEDANGKAN KEPALA SEKOLAHX BELUM KELUAR PADAHAL SUDAMH DILENKAPI DIDALAM DATA DIDAPODIK........ KEPALA SEKOLAH KAN 18 JAM DITAMBAH GURU MATA PELAJARAN 6 JAM ..... AJDI 2 JAM KELAS 4 , 5 DAN KELAS 6 SD....... KAN PAS 24 JAM.......

    YANG JADI MASALAH CARA MENGECEK APA UDAH VALID ATAU BELUM DATA GURU TERSEBUT SUSAH DIBUKA PADAHAL SUDAH SEJAK TANGGAL 1 MEI MENGAPDATE DATA DI INTERNET .... GAK JUGA BISA DIBUKA.... KAN OPERATOR JADI BINGUNG....DAN WAS-WAS KLO NANTI DATA GURU YANGSERTIFIKASI GAK KELUAR.... TOLONG DIBLS.... SEBELUMNYA TERIMAKASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya sama seperti diatas.. tenang saja pak/bu, pertama cek kembali data yang diinputkan di aplikasi dapodik, kedua jika semua sudah benar anda santai saja, jangan bingung, resah, gundah dan was². :) untuk mengecek data yang anda upload sudah berhasil diproses atau di verifikasi silahkan login pada jendela ke dua yang tampilannya sama seperti aplikasi dapodik kemudian klik register pengiriman lihat keterangan data yang terakhir anda upload/kirimkan? kalo belum nyakin buka pada jendela ke tiga cari aja nama sekolahnya kemudian lihat keterangannya, jika masih belum yakin cek saja SK-nya kepala sekolah tersebut sudah SK apa belum pada jendela ketiga. Jika belum jawab saja "Maaf pak/bu data yang saya upload belum di verifikasi, tunggu saja ya pak/bu? biasanya seminggu lagi" gampang kan?? dah seminggu anda bisa santai nanti kalo ditanya lagi jawab sama seminggu santai lagi.. begitu seterusnya.. ehuehue... semoga dapat membantu.. :D

      Delete
    2. begitulah nasib Operator... cara ngakali supaya nggak terlalu dikejar-kejar guru yang ingin tau datanya sudah valid atau belum.. malah saya jawab kira kira 2 minggu lagi Pak/bu.. baru di proses.. beres...

      Delete
    3. wkwkwkwkwkw... bisa aja kalian....

      Delete
    4. waduh udah mulai resah nich mikirin dapodik,,smua guru ingin tw udah ngirim belom,tp lok udah cair smua pda diem kayak tembok................. preeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttttt.........!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      Delete
  21. Untuk seluruhnya... mau tanya... di DAPODIK, data udah lengkap sekalian dengan SK inpasinng; pernah saat masih bisa cek verifikasi data jug amuncul posisi inpasingnya (gol, gaji). tapi saat ini sudah menerima TPP koq tidak tercantum / tidak sesuai gaji inpasing... adakah yang salah input? khawatir di labrak guru ybs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek lagi pada bagian tmt cpns, tmt pns, tmt pangkat golongan mas.. :-)

      Delete
  22. Tanya sdr admin: sebenarnya alamat email cekdataguru.dikdas@gmail.com itu, setiap email-email dr PTK yg masuk ditanggapi atau tidak? kok semalama ini saya dan teman2 lain yg coba mengirim email ke alamat itu ndak ada balasan. Mohon penjelasannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Bos, saya juga kirim data PTK yang salah sampai saaat ini juga belum ada jawaban dan tanggapan dari Bang Admint Dapodik

      Delete
    2. Maaf sebelumnya sy bukan admin dapodik, disini sy hanya mempermudah yang berkepentingan untuk mengecek validasi data dapodik karena alamat url yang berbeda dan kadang berpindah-pindah maka sy jadikan satu agar lebih mudah dalam pengecekannya. untuk masalah email kita nalar saja bpk/ibu, kalo email satu untuk orang se-Indonesia maka berapa ratus bahkan ribu email yang masuk dan apa mungkin ada waktu untuk admin email tersebut membalas email sebanyak itu.. masih bersyukur kalo email kita dibaca.. ya kita berdoa saja agar mereka bekerja secara maksimal dan profesional.. :D

      Delete
  23. Keren Sob, gimana ntu bisa terkonek ke Data Dapodik dan P2TKDikdas.
    Bagi - bagi ilmunnya donk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh.. agan bisa aja.. agan juga pinter kok.
      blog http://smpialfajar.blogspot.com/ bagus gan.. :D
      di update terus gan biar tambah mantabb!!

      Delete
  24. fungsionalku kok lum turun maaaak

    ReplyDelete
  25. konco konco sik sabar yo walau fungsional lum turun terutama bu siti

    ReplyDelete
  26. adanya dapodik data PTK ataupun data anak akan lebih relevan,serta ttg penerimaan tunjangan akan ketahuan mana yang berhak menerima dan yang tidak berhak,,,,,
    terimakasih adanya sistem ONLINE..... saya berharap Online terus Eksiiiissss........

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan semoga pemerintah segera meyempurnakan sistem ini agar tidak ada keluhan lagi... :D

      Delete
  27. Rendina NainggolanMay 17, 2013 at 9:46 PM

    pak admin saya uda terasa capek nii karena data saya sampe hari ini ngak valid2, padahal data saya sudah kurang lebih 2 mingu sudah di scan dan di o.l k pusat tapi kok belum valid2 data ku minta tolong kemana lagi inii sayaa pakeee

    ReplyDelete
  28. Rendina NainggolanMay 17, 2013 at 10:11 PM

    Pak Admin :Satmingkal saya kan di SMP N2 Kutalimbaru Deliserdang, saya ngajar bidstud. Bahasa Indonesia, karena jam saya kurang maka saya mengajar di sekola swasta SMK YAPIM Mabar Deliserdang, data yg diminta sudah d scan dan di online kan ke pusat yg online kan juga operator dinas lubuk pakam, dia bilang dalam2 atau 3 hari kedpan pasti divalidkan cek aja terus di cek data guru,,taapi sudah seminggu saya cek lagi-lagi jam tambahan saya masih "KOSONG" jadi pak Admin !! saya sangat mohon dan minta tolong supaya data/ berkas saya segera di proses krn di sekolah saya hanya tinggal saya yang belum keluar SK Dirjenya atau gimana caranya pak supaya SK Dirjen saya bisa keluar Minta Tolong La Saya Pak admin????????????????????????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Bpk,sy bukan admin dapodik.. sy hy bisa sedikit kasih saran ke Bpk, pertama validkan dulu data bapak di sekolah induk atau di SMP N2 Kutalimbaru. Jika sudah, disitu tinggal satu masalah saja yaitu JJM Bpk masih <24Jam, menurut aturan main di kab.kami guru yang mengajar di dua sekolah dengan jenjang pendidikan yg berbeda kami harus membuat Surat Keterangan Bersama yang nantinya dikirimkan ke Dinas Pendidikan Setempat dan dilanjutkan ke pusat, jadi coba Bpk buat sk tersebut beserta lampiran yang diperlukan sebagai bukti Bpk mengajar di sekolah yang lain/bukan induk. semoga dpt membantu..

      Delete
  29. Rendina br NainggolanMay 18, 2013 at 8:02 AM

    Selamat pak Admin,,pak kasi dong solusinya sama saya, karena saya terus menunggu ini pak !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar saja.. menurut pejabat disini tunjangan tersebut akan tetap dicairkan namun waktunya saja yang berbeda.. :)

      Delete
  30. mantab... blognya bermanfaat banget mohon ijin nge link...

    ReplyDelete
  31. Pak Admin, nanya dikit ya :
    1. Misalnya status kepegawaian PTK di sekolah induk adalah PNS, apakah disekolah Non Induk kita isikan PNS juga, ataukah hanya GTT ?
    2. Apakah DATA LAIN PTK pada kolom Rincian PTK yang kita isikan disekolah Non Induk seperti: Nomor SK,diangkat oleh,Sumber Gaji, TMT PNS, TMT KGB, dan segala data lainnya harus sama dengan dengan isian yang di sekolah Induk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dari sekian banyak pengunjung disini ada yang lebih tahu?? silahkan untuk ikut membantu sdr kita yg masih bermasalah.. :D

      kalo jawaban dari sy: kemarin sy juga mengalami hal tersebut dan sy tetap isi status kepegawainannya dengan PNS, Data yang diisikan tetap sama dengan di sekolah induk hanya saja pada bagian "Riwayat Terdaftar" disebutkan mana sekolah induk dan bukan induk beserta TMT dan lainnya, dan hasilnya beres, silahkan dicoba saja, semoga berhasil.

      NB: Untuk Bpk/Ibu/Sdr yang lebih mengerti sistem pendataan dikdas. "Jawaban sy disini hanya berdasar pengalaman jika ada kekeliruan mohon diluruskan" :)

      Delete
  32. Bapak,,saya ingin tanya,tentang masalah di dapodik saya...nama saat pendaftaran NUPTK saya dulu salah.sehingga menyebabkan NUPTK saya tidak valid.Padahal di dapodik saya sudah benar namany.Bagaimana cara memperbaikinya ya?????????? selain itu jam mengajar saya kok masih 0,padahal di keterangan bawah nya sudah ada...kok yang atas masih 00000?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak , nama nuptk saya yg sekarang ernawati , sedangkan nama sk pengangkatan emawati , sudah lapor ke dinas kota , sampai saat ini data nuptk saya belum valid, mohon bantuan nya

      Delete
    2. ernawati 7862750651300002 smpn 20 kota jambi , data nuptk tidak valid dikarenakan nama nuptk tidak sesuai , data yg di input sekolah dan dinas kota sudah valid , mungkin data dari pusat yang harus di perbaiki , mohon bantuan nya

      Delete
    3. Maaf ibu Ernawati, sy bukan admin dapodik pusat, sy hanya memfasilitasi yang berkepentingan untuk mengecek datanya dan sedikit memberi informasi sebisa sy bagi yang sedang bermasalah, jd saya tidak bisa membantu secara langsung, tapi menurut saya jika ada kesalahan pada nama menurut NUPTK anda, segera usulkan perbaikan data NUPTK ke Badan PSDMP dan PMP, jadi bukan ke Dapodik nanti bukti perbaikan dikirikan ke P2TK dikdas melalui dinas pendidikan setempat. :) sedangkan untuk JJM silahkan cek kembali pada bagian rombel pada aplikasi pendataan jika sudah semua benar upload kembali, mungkin ada sedikit kekeliruan dalam perhitungan JJM anda.

      Delete
  33. pak saya inginya. menanyakan masalah data dapodik saya adalah Sri wasono guru penjaskes di Boyolali.Saat pengecekan awal data saya yang salah hanya mengenai JJM.yang masih 18 .Hal tersebut karena sekolah tambahan yang saya ampu belum mengirim data saya,tetapi kenapa sekarang kesalahan bertambah menjadi NIP ,pangkat golongan dan TMT golongan ikut kosong????tolon beri penjelasan dan jalan keluarnya!Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek ulang data anda pada aplikasi dapodik, jika data sudah lengkap jangan lupa Tentukan mana sekolah induk dan bukan induk pada bagian Riwayat Terdaftar, jika sudah benar silahkan upload kembali, sebaiknya pada sekolah yang Bpk ampu untuk menambah JJM untuk segera mengirim datanya, isiannya sama dengan di sekolah induk dan janganlupa bedakan sekolah induk dan bukan induk. jika sekolah tersebut jenjang pendidikannya berbeda Bpk bisa membuat SK Bersama dan dikirimkan ke Dinas Pendidikan setempat untuk diteruskan ke dapodik pusat. semoga bisa membantu.. :)

      Delete
  34. Terima kasih sudah memberi jawaban

    ReplyDelete
  35. mau share niy...sk tunjangan sertifikasiq kok ga nongol-nongol ya???kl dicek data guru jg gak valid-valid padahal dah di btlkn bolak balik tp malah gak bnr-bnr. malahan sekarang kalau di cek user name invalid gmn ya??bahkan gak ada tulisanya sm sekali kl dicek sknya.padahal sebelumnya udah ad tapi nomr pesertanya malah ngilang.
    gmn dong???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek kembali dan lengkapi data anda pada aplikasi dapodik, jika sudah benar² lengkap upload kembali., jika data sebelumnya sudah benar dan lengkap, anda banyak-banyaklah berdoa agar yang bersangkutan cepat membetulkan data anda.. :)

      Delete
  36. Makasih pak ... blognya sangat membantu. Mau nanya ... tgl 15 Mei aku upload semester 2 tetapi sekarang data sebagian teman masih tetap semester 1, mengapa? apa nanti berpengaruh pada pencairan TPP tahap 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak berpengaruh.. berdo'a saja, segera sempurnakan data semester 2 nya

      Delete
  37. data sudah dibetulkan,ternyata saat upload nip dan tanggal lahir salah.dan sekarang pada data guru sudah ada nomer peserta dan NRG tapi SK belum keluar juga.
    katanya kalau sk tidak keluar-keluar memengnya tunjangan bisa hangus?betul atau tidak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin inilah alasan mengapa pencairan tunjangan sertifikasi guru menjadi beberapa tahap, Sebaiknya kesalahan tersebut segera diperbaiki dan diupload kembali, semoga tunjangan tersebut akan dicairkan pada tahap selanjutnya.. :)

      Delete
    2. tapi pada cek data guru kok 'user tidak valid ya'??

      Delete
    3. Jika data tersebut sudah dibetulkan dan diupload kembali, tunggu sampai data tersebut diverifikasi atau berhasil diproses baru anda cek kembali data PTK yang bersangkutan..

      Delete
    4. kira-kira berapa lama ya??soalnya sudah hampir 1 minngu..

      Delete
    5. wah..kalo itu sy tidak tahu, ditunggu sj bu.. :)
      download ini aja bu, mungkin bisa memperjelas, Klik saja Pemanfaatan Data Dapodik untuk Penerbitan SK Tunjangan

      Delete
  38. YG SK TGL 9 MARET DAH CAIR...
    YG SK TGL 13 MARET 2013 SK BELUM TURUN TUH,
    KAPAN YA MAS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih dalam proses pak, disini juga seperti itu...

      Delete
  39. data udah upload, tapi npa NRG ama SK masih kaga muncul-muncul,... apa yg salah ea min ??? padahal yg lain dah keluar tuch tunjangan sergurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. NRG di isikan manual pada formulir ptk di aplikasi dapodik yang terinstal di komputer, segera update datanya biar SK cepat keluar.

      Delete
    2. trims gan,.. sukses untk CDG, satu lagi boleh ?masalahnya aku lom punya NRG ? emang NRG gimana cara dapatinnya ? makasih ea

      Delete
    3. Jika anda mempunyai sertifikat pendidik pasti mempunyai NRG (Nomor Registrasi Guru), jika anda belum mempunyai NRG coba langkah dibawah ini


      1. Kunjungi halaman web ini : Klik disini
      2. Setelah itu masukkan Nomor NUPTK Anda
      3. Klik tombol “CARI” maka akan muncul SK Tunjangan Profesi Anda.
      4. Bila Anda mau mencetak, tinggal Anda klik tombol “CETAK”
      5. Setelah klik tombol “CETAK”

      SK tunjangan profesi Anda tidak langsung tercetak, akan tetapi terbentuk file tersebut dalam format pdf.

      6. Simpan file tersebut.
      7. Print (cetak) file dalam format pdf tersebut.

      Semoga bisa membantu...

      Delete
    4. admin yang baik,... makasih bantuannya,... tp web yang di maksud slalu laman bermasalah,... aku dah sertifikasi namun sk tunjangan sampai sat ini ga ada,.. termasuk NRG,... padahal teman yg kasusnya sama dah klar tuh,... dah cair,... apanya yang salahnya, dapodik dah betul,... tolong di cek NUPTK 1455756656200003 paswordnya 19781123 atas nama AYI WAHYUDIN, apa dah punya NRG apa lom,... trims sebanyak babnyaknya atas bantuan dan solusinya,..

      Delete
  40. trim's infonya congratulation buat seluruh operator dr tingkat sekolah sampai pusat semoga pelayanan pendidikan semakin baik sesuai semangat kebangkitan kita tahun ini. amin.

    ReplyDelete
  41. makasih gan.... tapi mau tanya bagaimana cara ngeprint INFO DATA PTK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ctrl+P ajah gan, kalo ga dicopy dulu ke MsWord diatur² dulu trus tinggal print sajah...

      Delete
  42. Kepada Yth admin, nama : sukirno, NUPTK : 6239743646200013,unit kerja : SDN 01 Pandean, Kota Madiun. status SKTP saya sudah cetak alhamdulillah, namun saya mau klarifikasi : di cek verifikasi dapodik yg telah valid tertulis masa kerja saya 16 th, golongan IV/a, tunjangan Rp 3.082.600, tapi yg tertulis di SKTP masa kerja 10 th, tunjangan Rp 2.822.200. Mohon admin dapat mengecek kembali sktp saya agar sesuai dengan DAPODIK yg telah valid. terimakasih.

    ReplyDelete
  43. yth admin, saya meneruskan klarifikasi saya, perlu diketahui admin bahwa SKTP saya sudah dikirim ke dinas kota madiun. bagaimana apakah masih bisa diperbaiki/disesuaikan dengan DAPODIK yg telah valid?

    ReplyDelete
  44. Nico-SMP PL AmbarawaJune 6, 2013 at 8:54 PM

    Nico - SMP Pangudi Luhur Ambarawa
    Halo Admin, (1) tunjangan kami guru swasta sudah keluar. Akan tetapi, besaran yang kami terima tidak sesuai dengan SK inpassing kami. Terus bagaimana nie? (2) NRG teman-teman kami masih ada yang belum keluar. Bagaimana seharusnya kami melangkah? Terima kasih.

    ReplyDelete
  45. Permisi admin.....1) Operator disekolah kami ada 2 (1 ilegal) bagaimana mengatasinya? 2) Adakah sangsinya? Mohon petunjuk, terima kasih.

    ReplyDelete
  46. Bro saya guru mengajar di 2 sekolah SMP negeri dan SMP swasta dalam pendataan disekolah negeri lengkap dan sebagai sekolah induk di smp swasta juga lengkap tapi bukan induk yang muncul di dapodik dan sk adalah kok malah yang smp swasta yang menjadi induk, sehingga jam jabatan di sekolah induk ( 12 ) hilang. Bagaimana cara mengatasinya broooo tolong dibantu ya..........

    ReplyDelete
  47. Blog walking, kep update gan... Aku suka blog ini,,
    Kalau berkenan mampir di d blogku http://9kbps.wordpress.com/

    ReplyDelete
  48. Asslamu'alakum...
    Kenapa sih cek SK Tunjangan Profesi Guru kok ga bisa aktif.....
    Masalahnya apa...?????
    Mohon Penjelasan dan atau ada link baru.

    ReplyDelete
  49. Assalamu'alaikum....
    Kenapa link untk cek SK Tujangan Sertifikasi guru ga bisa terbuka.... ?
    Mohon petunjuk dan atau jika ada link yang lain mohon bantuannya...

    Terima Kasih...
    Wassalam...

    ReplyDelete
  50. ADUH KENAPA SI DATA GURU PENJAS KU DAK KELUAR SK DIRJENNYA. KU LIAT DI DATA VALIDASI ADA 4 JAM LINIER DIKATAKAN TIDAK WAJAR. SEDANG KAN JAM MENGAJARNYA 19 JAM D SD INDUK 6 JAM D SD BUKAN INDUK. KAN 25 JAM SEMUANYA. TOLONG SI KASIH PENJELASAN

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Admin Cek Data Guru, Kenapa pembacaan verifikasi data PTK masih membaca pegirima dapodik bula lalu? padahal saya sudah megirimnya dua kali bula ini. berapa lama kira-kira yg dibutuhkan utuk membaca pengiriman bula ini mohon bantuannya. thanks

    ReplyDelete
  53. cara merubah/memperbaiki data yang tidak sesuai bagaimana ??

    ReplyDelete
  54. gmana caranya mendapatkan tunjangan?

    ReplyDelete
  55. Saya peserta UKA online 2013, data yg ditampilkan sergur saya tidak memenuhi syarat peserta PLPG 2013. Karena pendidikan saya SPG. Data saya di DAPODIK pendidikan masih SPG, tahun 2012 saya sudah S1, sudah dibetulkan berulang kali tidak ganti2...Gimana cara mengurusnya? Terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin belum penyesuaian ijazah S1 nya pak

      Delete
  56. saya guru di SMPN 1 Simpang Empat Tanah Bumbu, Kal-Sel. sejak akhir Mei 2013 data saya sudah valid tetapi sampai sekarang SK saya belum diterbitkan. Sehingga pencairan Tunjangan Profesi saya belum bisa dicairkan. saya sudah sering kali konfirmasi ke DISDIKPORA di daerah saya.Kata mereka menunggu SK dari pusat dulu terbit baru bisa dicairkan,kenapa ya Pak?

    ReplyDelete
  57. terima kasih, data dapodik yg bpk berikan sdh saya pelajari. tetapi saya msh bingung, kenapa data saya yg saya dptkan dr P2TK ONLINE berbeda dengan data saya yg masuk ke DISDIKPORA Tanah Bumbu. contoh;tugas tambahan saya Kepala Lab.,yg msk ke DISDIKPORA Wakasek. padahal saya dan operator di sekolah sdh mencek berkali-kali, mohon penjelasannya? (by meiloni,SMPN 1 Simpang Empat Tanbu)

    ReplyDelete
  58. MV ni admin mau nanya... kalau mau validasi PTK, misalnya Password tgl Lahir itu salah... ada permasalahan dengan apa nya yah???

    ReplyDelete
  59. mas admin, sampai sekarang saya dan beberapa teman2 blm bisa menikmati tunjangan profesi sertifikasi sedangkan yg lain priode ke-2 sdh dicairkan. SK Tunjangan Profesi kami blm turun dikarenakan ada jam mengajar yg tdk wajar pd data validitas kami, walaupun data kami dinyatakan valid dan sdh berhak menerima tunjangan. menurut info yg langsung saya dptkan dr kementrian akan ada kebijakan mengenai hal ini, tp sampai sekarang ko blm ya?

    ReplyDelete
  60. mas admin, sampai sekarang saya dan beberapa teman2 blm bisa menikmati tunjangan profesi sertifikasi sedangkan yg lain priode ke-2 sdh dicairkan. SK Tunjangan Profesi kami blm turun dikarenakan ada jam mengajar yg tdk wajar pd data validitas kami, walaupun data kami dinyatakan valid dan sdh berhak menerima tunjangan.

    ReplyDelete
  61. Pada kolom bagian status kelulusan sertifikasi dinyatakan bahwa "status kelulusan tidak ditemukan" Padahal NUPTK sudah dinyatakan valid.Mohon solusinya admin. Makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  62. Saya sudah lulus sertifikasi sejak 2007.Namun dalam data di atas dinyatakan bahwa status kelulusan sertifikasi tidak ditemukan. NUPTK,NRG,dan NOMOR SERTIFIKAT SUDAH VALID. Mohon solusinya

    ReplyDelete
  63. naya ida laila unit kerja smp nurpauzan palembang. nuptk 5559747648300002.pak saya ikut sertifikasi th 2010.kenapa tugas tambhan sebagai wakil kepala sekolah bagian kesiswaan tidak dapat masuk dalam dapodik padahall sudah diperbaiki di operator sekolah dan server ke diknas.juga lama mengajar hanya 1 th padahal 24 th.sehinngga sampai sekarang tunjangan semester 2 ini tidak cair.saya takut pengaruhnya juga ke th pelajaran 2013. bagaimana ini pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo boleh saya berbagi pengalaman, klo di SMP itu tidak ada yang namanya wakil kepala sekolah (Wakasek) bidang kesiswaan ada juga pembantu kepala sekolah (PKS) bidang kesiswaan dan itu tidak bisa disamakan dengan Wakil Kepala Sekolah kecuali di SMA, katanya itu juga. <*--*>

      Delete
  64. pa admin data saya uda valid semuanya tapi kok SKnya belum juga keluar,. tolong pencerahannya???

    ReplyDelete
  65. Mhn maaf sebelumnya, ada yang ingin saya tanyakan :
    1. Sebelum saya mutasi ke sekolah yang baru, Masa Kerja saya 20 tahun pada Data Dapodik sekolah yang lama, setelah saya mutasi : Masa Kerja saya hanya 4 tahun pada Data Dapodik sekolah yang baru,
    2. Sebelum saya mutasi ke sekolah yang baru, Gaji Pokok saya Rp. 2.492.400,- pada Data Dapodik sekolah yang lama, setelah saya mutasi : Gaji Pokok saya Rp. 2.281.800,- pada Data Dapodik sekolah yang baru,

    Pertanyaan saya :
    1. Data Dapodik di sekolah yang baru perlu dirubah atau tidak..?
    2. Jika harus dirubah, Apakah dirubah melalui oprator sekolah, oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota atau saya harus ke Mendiknas..?

    Demikian, atas perhatiannya, dihaturkan terimakasih.

    ReplyDelete
  66. Mhn maaf sebelumnya, ada yang ingin saya tanyakan :
    1. Sebelum saya mutasi ke sekolah yang baru, Masa Kerja saya 20 tahun pada Data Dapodik sekolah yang lama, setelah saya mutasi : Masa Kerja saya hanya 4 tahun pada Data Dapodik sekolah yang baru,
    2. Sebelum saya mutasi ke sekolah yang baru, Gaji Pokok saya Rp. 2.492.400,- pada Data Dapodik sekolah yang lama, setelah saya mutasi : Gaji Pokok saya Rp. 2.281.800,- pada Data Dapodik sekolah yang baru,

    Pertanyaan saya :
    1. Data Dapodik di sekolah yang baru perlu dirubah atau tidak..?
    2. Jika harus dirubah, Apakah dirubah melalui oprator sekolah, oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota atau saya harus ke Mendiknas..?

    Demikian, atas perhatiannya, dihaturkan terimakasih.

    ReplyDelete
  67. Minta info mas, kalau ada perubahan JJM yang kurang, muncul saat cek data DAPODIK, pada triwulan II padahal triwulan I sudah benar bagaimana memperbaikinya. Kalau di aplikasi sekolah datanya tetap benar, dan sudah update tetapi masih kurang terus. apakah ada saran yang lebih cocok. sangat ditunggu kabarnya. trimakasih.

    ReplyDelete
  68. selamat Pagi
    saya operator dar Flores
    bagaimana cara mengisi data sertifikasi secara online ???

    ReplyDelete
  69. data saya ada yang kurang di jam mengajarnya, bagaimana memperbaikinya...

    ReplyDelete
  70. pak mau nanya, di sekolah kami MTs Negeri Maesa Bitung ada mutasi pegawai Dikbud mapel penjas yang sebelumnya mengajar di SMP N 10 Bitung mapel penjas yang sudah lulus plpg tapi saat ini belum mendapatkan SK NRG, permasalahannya saat di sekolah sebelumnya jumlah jam mengajarnya kurang selanjutnya guru tersebut menambahkan jam mengajar di salah satu SMA swasta dengan mapel penjas juga, setelah sekian lama menunggu ternyata SK NRGnya tidak terbit dengan alasan jam tambahan di SMA swasta tersebut tidak terhitung karena SMA tersebut tidak terdaftar dalam dapodik. mohon petunjuk gimana caranya guru tersebut untuk update data pada jumlah jam mengajar saat ini sehingga sk nrgnya bisa terbit?

    ReplyDelete
  71. Mudah2n kita semua segera dapat sertifkasi

    ReplyDelete
  72. data diinfo PTK gak mau beruah sesuai dengan hasil singkron.. padahal udah sukses singkron,, apanya yang salah yah??

    ReplyDelete
  73. kenapana tidak sesuai sinkron dengan data ptk ya...pak admin tolong dong OPS udahdiuber uber kasihanilah kami

    ReplyDelete
  74. Validasi data Dapodik sampai maret tahun 2016 apakah sudah bisa di buka tlng infonya suksma...!!!

    ReplyDelete
  75. Sy Dr SMPN 256 data yg SDH diperbaiki Krn SDH kadaluarsa kenapa msh muncul data yang lama ya admin? Padahal sy SDH laporan KPD operator sklh dan data SDH dirubah tp sampai skrg blm jg berubah. Kenapa bs begitu pak admin? Mhn penjelasannya ya. Tks.

    ReplyDelete
  76. Sy Dr SMPN 256 data yg SDH diperbaiki Krn SDH kadaluarsa kenapa msh muncul data yang lama ya admin? Padahal sy SDH laporan KPD operator sklh dan data SDH dirubah tp sampai skrg blm jg berubah. Kenapa bs begitu pak admin? Mhn penjelasannya ya. Tks.

    ReplyDelete
  77. Sy Dr SMPN 256 data yg SDH diperbaiki Krn SDH kadaluarsa kenapa msh muncul data yang lama ya admin? Padahal sy SDH laporan KPD operator sklh dan data SDH dirubah tp sampai skrg blm jg berubah. Kenapa bs begitu pak admin? Mhn penjelasannya ya. Tks.

    ReplyDelete
  78. Cek data guru sertifikasi semester 1 2018

    ReplyDelete
  79. SLOTXO เกมใหม่ปัจจุบันปี 2023 เเนะนำเกมประสิทธิภาพสูงอัพเดทใหม่ๆมีเกมส์ให้เลือกเล่นมากยิ่งกว่า 200 เกมส์ แต่ละเกมมีต้นแบบแล้วก็อัตราที่สูงเเตกแตกต่างกัน ค้ำประกันจากผู้เล่นจริง เเนวโน้มของเกม pg slot หมายถึงล้ำยุค เข้าเล่นง่ายได้เร็ว

    ReplyDelete
  80. บริษัท slot pg จะเล่นเกมไหน ก็สนุกสนานสุดสนุก และรับเงินรางวัล PGSLOT ในเกมมาก สล็อตเว็บไซต์ตรง เปิดให้บริการ พร้อมเกมสล็อต ที่จะทำให้ท่าน รับเงินรางวัลมั่นใจ เกมใหม่พลาด

    ReplyDelete